Tenun Indonesia Pikat Ibu Negara Suriname

By Admin

nusakini.com--KBRI Paramaribo menggelar Indonesian Day 2017 di kantor KBRI pekan lalu. Kegiatan ini dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Ibu Negara Suriname Ingrid Bouterse. Dalam sambutan pembukaannya, Ibu Negara Suriname menyampaikan kekaguman atas kekayaan budaya dan kuliner Indonesia serta mengapresiasi upaya berkesinambungan KBRI melalui kegiatan Indonesian Day ini dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan. 

Acara dipadati ribuan pengunjung yang datang untuk merasakan kuliner Indonesia seperti aneka jajanan pasar, sop buntut dan gulai, serta berbagai produk Indonesia antara lain batik, kerajinan tangan, jamu dan bumbu masak. 

Selain itu, pengunjung juga menikmati berbagai suguhan hiburan seni budaya yang disajikan seperti tari daerah, pencak silat, ludruk, serta peragaan busana yang sesuai tema tahun ini yaitu tenun, maka kali ini KBRI menampilkan tenun dari berbagai daerah di Indonesia.   

Para tamu undangan yang hadir seperti Ibu Negara Suriname, para Menteri Suriname yang hadir yaitu Menlu Yldiz Beighle dan Menaker Soewarto Moestadja, serta kalangan pejabat setempat dan korps diplomatik nampak terpikat dan sangat menikmati penampilan dan keindahan tenun. 

Ibu Negara Suriname, yang tiga tahun belakangan selalu hadir dalam Indonesian Day bahkan meluangkan waktunya untuk menunggu sesi kedua peragaan busana yang terpaut waktu cukup lama. Dirinya juga menyatakan sangat berminat untuk memesan Tenun yang baru diperkenalkan kepada publik Suriname.

Pada Indonesian Day ini, KBRI juga mempromosikan perkembangan pembangunan Indonesia melalui pameran foto, serta mengundang masyarakat Suriname untuk berkunjung ke Indonesia melalui program Trade Expo Indonesia serta Family Trip yang membawa warga Suriname untuk menikmati keindahan Indonesia sekaligus menelusuri jejak-jejak leluhur dan bertemu keluarganya.(p/ab)